"Buat kamu yang mania Chatting dengan program mIRC Script dengan berbagai versinya, kalau mau lebih enjoy, silahkan pelajari kode-kode perintah umum yang dapat kamu lakukan saat ber-chatting-ria. Yuk disimak deh, biar chattingnya lebih enjoy! Hehehe …"


Fasilitas Chatting



Menu Pilihan:

Bahasa Simbol Chat
Perintah Standart Untuk Umum

Perintah Untuk Operator

Perintah Untuk Chanserv

Perintah Untuk Nickserv

Perintah Memoserv Dalnet

Kamus Chatting



DI DALAM dunia internet kamu bisa berbicara atau ngobrol dengan seseorang kapan saja dan darimana saja, tentu saja dengan tetap menggunakan solusi internet dengan pulsa lokal. Istilah dalam internet untuk ngobrol bisanya disebut dengan CHAT. Fasilitas lain dari chat ini, selain untuk pembicaraan pribadi, bisa juga untuk diskusi interaktif langsung dengan suatu kelompok. Disamping itu, kamu diperkenankan juga untuk menggunakan nama samaran, atau nick name jika tidak ingin menggunakan nama asli. Oke, kamu pasti sudah mengerti soal ini.

Namun, supaya acara berchatting-ria-mu lebih nyaman, tak ada salahnya kamu pelajari perintah-perintah atau comand dalam chat itu sendiri. Apa saja sih? Banyak! Saranku, lebih baik kamu print/cetak saja halaman ini. Dan untuk mencetaknya, kamu cukup klik tombol dibawah. Selamat belajar!


Kamus Chatting

Diposting oleh Quarta

IRC Server - Adalah server yang melayani pengguna agar dapat menggunakan fasilitas chat, server ini diibaratkan sebagai rumah yang akan menampung semua pengguna IRC dari seluruh dunia, didalamnya akan terdapat kamar-kamar pembicaraan yang nanti disebut channel. Beberapa server IRC yang terkenal adalah dalnet, efnet, undernet, ircnet, dan lain sebagainya.

Channel - Adalah ruang maya dalam IRC yang bisa diibaratkan sebagai kamar dimana tempat kita akan melakukan percakapan dengan pengguna yang lain, setiap penamaan channel selalu diawali dengan "#". Beberapa channel indonesia yang terkenal adalah #bawel, #gaul, #jakarta, #bandung, dll. Setiap orang bebas menentukan nama channelnya sendiri yang biasanya akan sesuai dengan topik pembicaraan.

Channel Operator - Channel Operator atau biasa disebut Op adalah orang yang bertindak sebagai administrator suatu channel, biasanya mereka adalah pendiri atau pengatur channel. Operator ini memiliki hak untuk mengkick atau memban seseorang yang masuk channelnya. Setiap channel operator bisa dikenali dengan tanda "@" diawal nickname orang tersebut.

IRC Operator - Atau IRCop adalah orang yang mengatur atau sebagai administrator sebuah IRC server, IRCop ini tidak berhubungan langsung dengan channel-channel yang ada, namun tetap memiliki kuasa atas channel yang terdapat pada server tersebut.

Kick - Kick dalam IRC berarti anda dikeluarkan dalam suatu channel, baik dikeluarkan dengan memberikan alasan atau tidak. Fasilitas kick dan ban hanya bisa didapat oleh seorang operator saja.

Ban - Ban adalah tidak diperbolehkannya anda untuk menggunakan suatu server, banyak alasan yang dapat menyebabkan anda ditolak seperti gangguan yang telah anda sebabkan, penggunaan share account, dan lain sebagainya. Cara memblokirnyapun ada banyak cara, contohnya dengan memblokir lewat nickname anda, atau lewat nomor IP anda, atau bahkan pemblokiran penuh untuk domain anda.

Bot - Bot berasal dari kata Robot, yakni sebuah script yang dijalankan oleh suatu klien atau pada sebuah server dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti perl, C atau lainnya. Kegunaan bot berbagai macam, dari mulai untuk menjaga suatu channel hingga untuk mengganggu para pengunjung channel.

Flood - Flood adalah aktifitas gangguan yang bisa terjadi dengan menuliskan atau membanjiri suatu channel dengan karakter-karakter sehingga bisa mengganggu percakapan yang sedang berlangsung.

Lag - Lag adalah lambatnya pesan yang diterima oleh satu server dari server yang lain, hal ini bisa diakibatkan oleh karena kurang bagusnya jaringan komunikasi yang ada serta terbatasnya bandwith yang dimiliki sebuah provider.

Netsplit - Jika suatu saat anda mengalami pengunduran besar-besaran atau hampir semua rekan anda seolah-olah mengundurkan diri ( sign-off ) maka kemungkinan yang terjadi adalah sedang terjadi netsplit, yaitu pemisahan atau pemutusan hubungan sementara antara satu server IRC dengan server IRC yang lain. Hal ini bisa disebabkan karena kerusakan fisik suatu IRC server atau overloadnya connection suatu server sehingga harus diputuskan sementara agar mendapatkan koneksi yang lebih baik.

Ping - Digunakan untuk membantu user dalam mengatasi masalah lag atau netsplit, yakni dengan meminta bantuan dari user yang lain untuk membantu dengan melakukan ping ke arah pengguna yang bermasalah.

Splits / NetSplit - Kadang kalau kita lagi ol di IRc, ada orang yg yang bilang waah dalnet lagi “splits”, atao mungkin “splits dudul” ( ) sebenarnya apa sih tu split ..hummm.. gak usah bingung bingung ya, anggap aja Netsplit itu Network yang terpecah ( artinya memisahkan kamu kamu dari orang-orang yang lagi ngobrol ama kamu ). Netsplits itu terjadi cuma sebentar kok, tapi kadang juga bisa ampe berhari-hari :D .

Lag - “Waah sial lagi Lag neeh.” Kadang juga ada orang yang bilang kek gitu, tau gak sih artina ( mbuh juga ). Lag itu delay yg terasa antara waktu ketika kamu ngetikkan pesan dan sampai org lain membacanya. Kalo kamu pengin tau ukuran Lag kamu pake aja perintah /ping atao /ping tapi kalo channels jangan dilakukan dichannels yg rame ( bisa bonjrot loe ). kalo mau ngurangi Lag bisa pilih server irc yg paling deket. pake printah /server buat ganti server IRc kamu..

Bot - paan tuh ? Bot itu berasal dari kata “Robot”, bot itu kayak script tapi dijalankan dari suatu client tersendiri, atao dengan suatu program yg terpisah gitu. Bot biasanya di pake buat njagain cenel, buat ngasih game kayak scramble, buat nge ping, terus ada juga yg buat nge rusuhin cenel ( kayak main kick, flood, n take over chanel gitu deh ).

Kick & Banned - Kick sama Banned ya. hehehe itu mah kesukaan temen gue tuh, dia sukanya main kek gituan, tu fasilitas yg dikasih di IRc buat main-main ( sebenernya seeh tuh buat nge hukum orang [ ngusir orang yg jail, iseng, ato berbuat yang gak2 di chan tsb ] ). Kick tu ngeluarin orang dari chan. Banned itu kamu tu gak di perboleh kan bwat masuk chan tsb jadi ip ato nick kamu. banned bisa ilang kalo udah di unban ama OP chan di mana kamu di ban tsb. Kick sama Banned bisa dilakuin hanya oleh nick yg punya akses OP.

OP ( Operator channel ) - OP atao operator channel ya itu orang yg punya akses buat nge kick ama nge ban tadi, yang fungsinya tuh buat ngejagain channel supaya tetep aman. Ada yang tanya sama gwe ” Bang gimana sih biar jadi OP ?” Waah kalo itu mah gampang, hehe tinggal minta ama FO ato SOP aja :P , atao kalao enggak, kamu bikin chan ndiri biar kamu bisa jadi FO nya hehehe. OP chan itu punya dua jenis ( hihihi kayak tumbuh2 an aja punya jenis nya ) yaitu AOP sama SOP. jabatan AOP tuh lebih rendah ketimbang SOP. smua yg bisa dilakukan AOP, itu bisa dilakukan SOP, tapi sebaliknya semua yg dilakukan SOP blom tentu bisa dilakukan oleh SOP, yaitu :

—–>Akick ( auto kick ). SOP bisa nambahin atao ngilangin akick.

—–>AOP . Sop itu bisa ngilangin atao nambahin AOP.

Kayaknya cuman itu deeh. hehe .wes ah..

psy ( psyBNC ) - psyBNC itu scara simpel ya program buat masang nick biar nick kita OL terus walaopun kita dah Off. hehehe. gitu aja

IRc Operator ( IRCops ) - IRCop itu orang yg ngoperasikan suatu server IRC, IRCops lain sama OP chanel.

Akill - Akill ? hiiii ngeri deh laah kalo akill itu kita gak boleh masuk server IRC, biasanya karena ada trojan, script pada komp kita atao kalo enggak ya paling kamu suka main flood jadi akill deh… heehe.. cara ngilanginnya ? hummm baca petunjuk pemakaian !!! heheeheh :P ~~

Dah ah gitu aja yaaa… kalo masih kurang cari ndiri sama paman GOOGLE hehehehe. tabe’…

Kembali Ke Daftar Isi


0 komentar: